Visi dan Misi Pusdatin

Visi, Misi & Strategi

VISI

Knowledge center Iptek Dikti dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendidikan tinggi.”

Visi ini mengandung 2 (dua) kata kunci yang menggambarkan apa yang ingin dicapai pada tahun 2019 dan dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Knowledge center :

Pusdatin Iptek Dikti mampu menjadi pusat data, informasi maupun knowledge terkait ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendidikan tinggi nasional yang terintegrasi dan diolah untuk  kepentingan  tertentu  serta  memberikan  nilai  tambah,  baik  bagi internal maupun eksternal organisasi. Data, informasi dan pengetahuan yang disajikan harus diambil dari sumber terpercaya (valid) serta up-to-date, sehingga dapat dimanfaatkan secara luas bagi kepentingan Iptek Dikti nasional.

2. Penyelenggaraan Iptek Dikti :

Dimaksudkan  untuk  menghasilkan  SDM litbang, lembaga litbang, dan perguruan tinggi yang memiliki kemampuan dalam melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, dan penerapan iptek, serta lulusan pendidikan tinggi yang berpengetahuan,  terdidik, dan terampil,  yang ditunjang  oleh reformasi  birokrasi  (RB) Kemenristek  Dikti sebagai fondasi

Sehingga secara keseluruhan, visi Pusdatin Iptek Dikti tahun 2019 bermakna bahwa Pusdatin Iptek Dikti akan menjadi center of excellence terkait ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendidikan tinggi nasional yang terintegrasi, valid, serta up-to-date agar dapat menghasilkan  SDM litbang, lembaga litbang, dan perguruan tinggi yang memiliki kemampuan dalam melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, dan penerapan iptek, serta lulusan pendidikan tinggi yang berpengetahuan,  terdidik, dan terampil sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa.

MISI

Sebagai upaya untuk mewujudkan visi tersebut di atas, maka misi Pusdatin Iptek Dikti adalah :

1. Meningkatkan kualitas layanan data, informasi, dan pengetahuan Iptek Dikti satu pintu

2. Optimalisasi e-Government dalam mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

 

TUJUAN STRATEGIS  

Tujuan strategis Pusdatin Iptek Dikti tahun 2019 tersebut adalah:

1. Tersedianya data, informasi, dan pengetahuan Iptek Dikti terintegrasi

Tujuan ini memiliki indikator tujuan sebagai ukuran keberhasilan tercapainya tujuan tersebut. Indikator tujuan untuk tujuan ini adalah “Service Level Index (SLI) data, informasi, dan pengetahuan Iptek Dikti”

2. Terjaminnya validitas, kehandalan, keamanan, dan aksesibilitas data, informasi, dan pengetahuan Iptek Dikti.

Tujuan ini memiliki indikator tujuan sebagai ukuran keberhasilan tercapainya tujuan tersebut. Indikator tujuan untuk tujuan ini terdiri dari 2 (dua) indikator keberhasilan, yaitu:

a. Indeks kelengkapan dan validitas data, informasi, dan pengetahuan Iptek Dikti

b. Indeks KAMI

3. Terbangunnya kolaborasi dalam pemanfaatan data, informasi dan pengetahuan Iptek Dikti.

Tujuan ini memiliki indikator tujuan sebagai ukuran keberhasilan tercapainya tujuan tersebut. Indikator tujuan untuk tujuan ini adalah “Rasio kerjasama yang memberikan dampak terhadap total kerjasama pemanfaatan data, informasi dan pengetahuan Iptek Dikti yang dibangun”

4. Dimanfaatkannya e-Government dalam mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Tujuan ini memiliki indikator tujuan sebagai ukuran keberhasilan tercapainya tujuan tersebut. Indikator tujuan untuk tujuan ini adalah “Indeks ESIA (pemanfaatan e-Government dalam mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi)”

 

SASARAN KEGIATAN

Sasaran kegiatan Pusdatin Iptek Dikti adalah:

1. Dimanfaatkannya data, informasi dan knowledge Iptek Dikti dalam penyelenggaraan Iptek Dikti untuk meningkatkan data saing bangsa.

2. Terintegrasinya data dan informasi Iptek Dikti.

3. Meningkatnya kepuasan pengguna terhadap layanan terpadu Pusdatin Iptek Dikti.

4. Diterapkannya kebijakan pengelolaan data dan informasi Iptek Dikti.

5. Diterapkannya kebijakan tata kelola TIK terintegrasi.

6. Terbangunnya kerjasama dalam diseminasi dan pemanfaatan data, informasi dan knowledge Iptek Dikti.

7. Dimanfaatkannya TIK dalam pelaksanaan 8 area perubahan Kemenristek Dikti

8. Terselenggaranya roadmap reformasi birokrasi Pusdatin Iptek Dikti berbasis TIK.

9. Terselenggaranya sistem penganggaran yang transparan dan akuntabel.