Tugas dan Fungsi Pusdatin

Pusat Data dan Informasi Iptekdikti mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut:

TUGAS:

melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang data dan informasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendidikan tinggi.

FUNGSI:

  1. penyiapan penyusunan kebijakan di bidang Infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, aplikasi, sistem informasi, dan keamanan informasi serta pengelolaan data dan informasi;
  2. penyiapan pelaksanaan kebijakan di bidang Infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi aplikasi, sistem informasi, dan keamanan informasi , serta pengelolaan data dan informasi;
  3. pengelolaan, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang Infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, aplikasi, sistem informasi, dan keamanan informasi , serta pengelolaan data dan informasi;
  4. pelaksanaan dukungan administrasi dan ketatausahaan Pusat Data dan Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
  5. pelaksanaan layanan pengadaan secara elektronik; dan
  6. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri melalui Sekretaris Jenderal.Bagian Tata Usaha

 

1. Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan dan pelaksanaan urusan ketatausahaan. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Bagian Tata Usaha menyelenggarakan fungsi:

  1. pengelolaan urusan kepegawaian dan persuratan;

  2. pelaksanaan urusan keuangan; dan

  3. pengelolaan dan pelaksanaan urusan perlengkapan.

Bagian Tata Usaha terdiri dari :

  1. Subbagian Kepegawaian dan Persuratan;

  2. Subbagian Keuangan; dan

  3. Subbagian Perlengkapan.

Subbagian Kepegawaian dan Persuratan mempunyai tugas melaksanakan urusan pengelolaan urusan administrasi kepangkatan, pemberhentian, pemindahan, pensiun, tunjangan, cuti, tata naskah kepegawaian, dan tata persuratan.

Subbagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan urusan perbendaharaan, pelayanan pembayaran gaji, pengelolaan kas, pelaksanaan urusan pengujian dan verifikasi terhadap dokumen keuangan, pelaksanaan akuntansi, dan penyusunan laporan keuangan.

Subbagian Perlengkapan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan dan pelaksanaan penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasarana kantor, pengelolaan urusan rumah tangga, pemeliharaan sarana dan prasarana, dan pelaksanaan penatausahaan dan pelaporan barang milik/kekayaan negara, serta pengadaan barang/jasa.

2. Bidang Infrastruktur, Aplikasi, dan Sistem Informasi

Bidang Infrastruktur, Aplikasi, dan Sistem Informasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang infrastruktur, aplikasi, sistem informasi, keamanan informasi, serta layananan pengadaan secara elektronik. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Bidang Infrastruktur, Aplikasi, dan Sistem Informasi, menyelenggarakan fungsi:

  1. penyiapan bahan penyusunan kebijakan di bidang jaringan dan sarana, aplikasi, sistem informasi, dan keamanan informasi;
  2. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang jaringan dan sarana aplikasi, sistem informasi, dan keamanan informasi;
  3. penyiapan bahan pengelolaan, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang jaringan dan sarana aplikasi, sistem informasi, dan keamanan informasi; dan
  4. pelaksanaan layanan pengadaan secara elektronik.

Bidang Infrastruktur, Aplikasi, Sistem Informasi, dan Keamanan Informasi terdiri atas:

  1. Subbidang Jaringan dan Sarana; dan
  2. Subbidang Aplikasi dan Sistem Informasi.

Subbidang Jaringan dan Sarana mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan, pengelolaan, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang jaringan dan sarana.

Subbidang Aplikasi dan Sistem Informasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan, pengelolaan, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang aplikasi, sistem informasi, dan keamanan informasi serta layanan pengadaan secara elektronik.

3. Bidang Data dan Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Bidang Data dan Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang data dan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Bidang Data dan Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menyelenggarakan fungsi:

  1. penyiapan bahan penyusunan kebijakan di bidang pengumpulan dan pengolahan data dan informasi;
  2. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang pengumpulan dan pengolahan data dan informasi; dan
  3. penyiapan bahan pengelolaan, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengumpulan dan pengolahan data dan informasi.

Bidang Data dan Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terdiri atas:

  1. Subbidang Pengumpulan Data dan Informasi; dan
  2. Subbidang Pengolahan Data dan Informasi.

Subbidang Pengumpulan Data dan Informasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan, pengelolaan, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengumpulan data dan informasi.

Subbidang Pengolahan Data dan Informasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan, pengelolaan, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengolahan data dan informasi.

4. Bidang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Bidang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengelolaan data dan informasi pendidikan tinggi. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana di atas, Bidang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi menyelenggarakan fungsi:

  1. penyiapan bahan penyusunan kebijakan di bidang pengolahan data, informasi, dan publikasi data pendidikan tinggi;
  2. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang pengolahan data, informasi, dan publikasi data pendidikan tinggi; dan
  3. penyiapan bahan pengelolaan, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengolahan data, informasi, dan publikasi data pendidikan tinggi.

Bidang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi terdiri atas:

  1. Subbidang Pengolahan Data; dan
  2. Subbidang Informasi dan Publikasi.

Subbidang Pengolahan Data mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan, pengelolaan, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengolahan data pendidikan tinggi.

Subbidang Informasi dan Publikasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan, pengelolaan, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan pelaporan di bidang informasi dan publikasi data pendidikan tinggi.